Datsun Go Cross
10May
Automotive

Fitur Baru Pabrikan Siap Mengaspal di Indonesia

Berbagai pabrikan mobil dunia sudah mempersiapkan jagoan terbarunya mengaspal di jalanan ibu kota. Menawarkan segudang fitur baru dan perubahan tampilan eksterior lebih sport, serta perubahan desain interior menjadi lebih mewah. Salah satu mobil baru yang dibanderol cukup murah adalah Datsun Go Cross dan generasi terbaru dari Suzuki Karimun Wagon R. Pasalnya kedua mobil ini akan dipasarkan dengan harga dibawah 200 juta rupiah.

Di kelas SUV ada 2 mobil baru buatan Toyota dan Mitsubishi yaitu generasi terbaru dari Toyota Fortuner dan Mitsubishi Pajero Sport. Kedua mobil ini diprediksikan mendominasi penjualan mobil di kelas SUV menengah yang kabarnya sama-sama dipasarkan dengan harga di atas 500 juta rupiah. Tak ingin kalah, Honda juga mempersiapkan mobil baru yang siap menantang mobil low SUV seperti New Toyota Rush dan New Daihatsu Terios, yakni dengan memasarkan Honda BR-V di Indonesia. Masih ada berapa tipe mobil terbarunya lainnya yang siap dipasarkan di Indonesia.

Toyota All-New Fortuner
Setelah sukses merilis All-New Innova pada akhir 2015, Toyota kembali menyiapkan mobil baru bernama All New Fortuner. Mobil berjenis Sport Utility Vehicle (SUV) tersebut menawarkan banyak perubahan pada bagian interior dan eksteriornya. Tampilan luarnya lebih sporty dibandingkan Toyota Fortuner generasi sebelumnya, begitu juga dengan jantung pacunya, dilengkapi mesin 1GD-FTV berkapasitas 2.755cc yang mampu menghasilkan tenaga maksimal mencapai 174 Hp, dan torsi mencapai 450 nm. Sementara untuk versi manual akan memiliki torsi lebih rendah, sekitar 420 nm dengan transmisi enam percepatan.

Toyota All-New Fortuner

Toyota All-New Fortuner

Toyota Sienta
Toyota Sienta dipasarkan di Indonesia sebagai penantang Honda Freed. Mobil ini dipasarkan di Indonesia dengan rentang harga sekitar Rp. 250 jutaan. Meskipun dari segi harga cukup terjangkau bagi kalangan menengah ke atas, namun mobil ini tetap dilengkapi mesin canggih yang mengusung teknologi hybrid dengan kapasitas mesin 1.5 liter bertenaga 73 dk, dan mesin konvensional berkapasitas 1.5 liter yang memiliki tenaga 108 dk, serta dilengkapi teknologi Siklus Atkinson bersama Cooled EGR (Exhaust Gas Recirculation) dan VVT-IE.

Toyota Sienta

Toyota Sienta

Suzuki Ertiga Dreza
Suzuki juga mempersiapkan mobil untuk segmen low MPV, yaitu Suzuki Ertiga Dreza. Mobil ini hadir dalam dua varian baru yakni Ertiga Dreza GS Luxury dan Elegant. Kedua varian tersebut menawarkan perubahan desain eksterior besar-besaran, mulai dari perubahan desain fog lamp, grill radiator lower, serta penambahkan list krom metalic yang terletak di bawah grill depan. Mobil ini juga dilengkapi sistem keamanan lengkap, karena tersedia sistem pengereman Antilock Braking System (ABS), Electronic Brakeforce Distribution (EBD), dan penambahan dual SRS Airbag.

Suzuki Ertiga Dreza

Suzuki Ertiga Dreza

Mitsubishi All-New Pajero Sport
Tak ingin kalah dari Toyota, Mitsubishi memasarkan generasi terbaru dari Pajero Sport yang menawarkan desain lebih modern dan interior lebih mewah. Mobil ini akan bersaing ketat melawan Toyota All New Fortuner dalam merebutkan posisi sebagai mobil SUV menengah terbaik di Indonesia. All New Pajero Sport mengandalkan mesin 4 liter MIVEC turbo diesel yang dipadukan dengan tranmisi otomatis 8 percepatan yang mampu mengeluarkan daya maksimal mencapai 154 ps dan torsi mencapai 380 nm. Selain itu, disediakan pula varian lain dengan mesin bertenaga 181 ps dan torsi 420 nm.

Mitsubishi All-New Pajero

Mitsubishi All-New Pajero

Mitsubishi New Mirage
Di kelas city car ada Mitsubishi New Mirage. Mobil ini siap meneruskan kesuksesan Mitsubishi Mirage yang berhasil terjual di atas 6.000 unit sepanjang 2015. Mitsubishi telah merombak tambang depan Mitsubishi New Mirage menjadi lebih sport dan meningkatkan efesiensi mesin agar lebih hemat bahan bakar, dengan cara menambahkan fitur stop and go yang diklaim mampu mengurangi gesekan pada mesin, sehingga mobil semakin efesien dan irit bahan bakar. Selain itu, All new Mirage juga dilengkapi mesin 1,2 liter MIVEC DOHC dengan 12 katup dan tiga silinder yang terhubung ke sistem transmisi CVT terbaru.

Mitsubishi New Mirage

Mitsubishi New Mirage

Datsun Go-Cross
Kesuksesan Go Panca dan Go+ diharapkan menular pada mobil baru Datsun Go Cross. Mobil bertipe crossover tersebut sudah diperkenalkan konsepnya pada ajang Tokyo Moto Show 2015, dan diharapkan segera dirilis di Indonesia pada pertengahan tahun ini. Mobil ini tidak akan masuk dalam kategori mobil LCGC yang disubsidi pemerintah sehingga kemungkinan harganya berada di atas Rp. 150 jutaan. Walaupun begitu, mobil ini akan menjadi mobil crossover termurah di Indonesia apabila memang terbukti dibanderol kurang dari 200 Juta.

Datsun Go Cross

Datsun Go Cross

Suzuki Karimun Wagon R 7-Seater
Salah satu mobil murah LCGC (Low Cost Green Car) buatan Suzuki, yaitu Karimum Wagon R akan bertransformasi dengan penambahan baris kursi agar bisa menampung 7 orang penumpang. Mobil ini sudah pernah diperkenalkan di Indonesia Motor Show pada 2013 lalu, dan siap dipasarkan tahun ini dengan membawa tampilan eksterior baru yang dibalut sentuhan interior cantik dan lebih modern dibandingkan Karimun Wagon R yang dipasarkan saat ini.

Suzuki Karimun Wagon R 7-Seater

Suzuki Karimun Wagon R 7-Seater

Honda BR-V
Honda menyiapkan mobil baru di segmen low SUV atau mobil crossover, yakni Honda BR-V. Kehadiran mobil ini sangat dinantikan peminatnya, bahkan jumlah indennya mencapai ribuan unit. Daya pikat mobil baru buatan Honda tersebut memang sangat besar, karena menawarkan mesin cangih dengan teknologi mesin i-VTEC dengan empat silinder berkapasitas 1.500 cc. Sementara harganya, Honda BR-V akan ditawarkan dengan 3 pilihan model, yaitu S (M/T), E (M/T, CVT) dan E CVT Prestige dengan harga jual mulai Rp. 239 jutaan hingga Rp. 274 jutaan.

Honda BR-V

Honda BR-V

Text by Tim Redaksi dan berbagai sumber
Photo: Istimewa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

FOLLOW @ INSTAGRAM