motor listrik
07Apr
Automotive

Saatnya Naik Skuter Listrik

Skuter listrik yang dibuat atas kerjasama Garansindo Inter Global dengan Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya, kini sudah ‘tidak telanjang’ lagi alias telah terlihat memiliki cover body yang menyelimuti rangkaian besinya. Kabar bagusnya, skuter ini sudah bisa berjalan namun hingga saat ini masih dilakukan pengetesan agar layak jalan.

Agar dinyatakan layak uji jalan, harus ada serangkaian uji coba mengetahui dan memperbaiki tiap kekurangan yang ada. Mulai power controller yang kondisinya masih 25 persen harus sampai 100 persen agar bisa uji jalan terus diperbaiki. Dan setelah dirasa complete barulah siap direvisi untuk sistemnya. Setelah itu, produk ini baru bisa dipasarkan.

Dalam pengembangan motor listrik, ITS berguru pada produsen motor listrik Zero dan Italjet. Meski hampir seluruh komponen dikembangkan ITS kecuali baterai yang masih diimpor dari Jepang. Bagaimana proses pengisian baterainya? Akan ada indicator android untuk mengetahui kondisi pemakaian baterainya. Jadi, tidak hanya mengisi baterai dengan colokan listrik di rumah, baterai motor yang sudah habis pun ke depannya bisa ditukar di SPBU atau minimarket. Jadi kalau kehabisan baterai di jalan tinggal mencari minimarket atau SPBU terdekat.

Motor listrik ini diperkirakan memiliki daya jelajah sampai 70-100 km dengan sekali isi penuh baterai. Sementara kecepatan motor diperkirakan sama dengan motor bensin 125 cc. Skuter listrik ini rencananya dibanderol sekitar Rp.15 jutaan.

Teks by Indra
Photo: Motorexpertz.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

FOLLOW @ INSTAGRAM