18Mar
Music

Abdee Negara Berkarya di Balik Layar

Sejak divonis mengalami gagal ginjal, Abdee Negara atau Abdee Slank kini hanya mengurusi aktivitas Slank dibalik layar. Meskipun demikian, pria kelahiran Donggala, Sulawesi Tengah, 28 Juni 1968 ini masih aktif menciptakan lagu untuk para Slankers. Lalu, seperti apa makna kasih sayang menurutnya?

Abdee Siap Manggung Bareng Slank di Piala Sudirman
Meramaikan final turnamen Jenderal Sudirman Cup, Minggu (24/1/2016), Slank dipastikan menghibur para Slankers. Di penampilannya itu, Slank akan tampil bersama dengan Abdee Negara. Good news ini disampaikannya sendiri dalam jumpa pers grand final Jenderal Sudirman Cup. Namun karena kondisi tubuhnya yang sudah tidak seperti dulu lagi, Abdee belum bisa memastikan sampai sejauh mana nantinya akan kuat bermain bersama Slank.

“Tentunya akan main, cuma enggak tahu akan main full atau enggak. Lihat kondisi kesehatan dulu,” ungkap Abdee di kawasan Senayan.

Abdee sendiri mengakui bahwa kondisinya sekarang jauh lebih baik setelah menjalani serangkaian pengobatan untuk penyakit ginjalnya. Karena masih dalam penyembuhan, Abdee pun diharuskan menjaga kondisi fisiknya agar tetap sehat.

“Sekarang sih sudah lumayan enakkan,” lanjut Abdee.

Nantinya, Slank akan tampil secara spesial dengan dua penyanyi wanita yang masih dirahasiakan identitasnya. Selain Slank, final Jenderal Sudirman Cup juga akan dimeriahkan oleh Noah.

Tetap Berkarya di Industri Musik Tanah Air
abdee-slank1
Meskipun bukan aktivitas yang menguras energi fisik, pria berusia 47 tahun ini tetap produktif untuk melakukan aktivitas lainya dalam industri musik tanah air. Hal ini dibuktikannya dengan aktifitas membuat lagu untuk penggemar setia Slank.

“Karena sekarang banyak di rumah, ya saya lebih banyak bikin lagu. Namun, jika dibandingkan dengan Kaka atau Bim-Bim, mereka lebih banyak menciptakan lagu. Boleh dibilang, koleksi penciptaan lagu mereka bisa 1 hari 1 lagu. Kalau saya, paling 1 minggu sekali. Jika sebulan hanya 4-5 lagu. ” ucap Abdee.

Sedangkan untuk tema lagunya sendiri sangat beragam. Ada yang bercerita tentang pribadi, ada juga tentang lingkungan, sosial dan Indonesia. Semua tercipta hanya untuk memanjakan Slankers tanah air.

Lebih lanjut, selain membuat lagu, Abdee dan beberapa teman lainnya memang sangat aktif dan concern terhadap pemerintahan, mereka membuat kelompok-kelompok kecil seperti ‘Penggerakan budaya, Gerakan Ayo Kerja, Kelompok Antiokorupsi dan Ekonomi dan yang terbaru Gerakan Impian Indonesia yang dilakukan dengan ekspedisi-ekspedisi dari Aceh sampai Papua’.

“Tujuan kelompok ini tentunya ingin ikut berpartisipasi dalam bentuk nyata. Pemerintah tidak bisa bekerja sendiri, kita harus ikut berpartisipasi, jika ada program bagus ya harus kita dukung, kalau kita anggap ada yang tidak bagus kita pertanyakan” ucap Abdee.

Kasih Sayang di Bulan Februari
Seperti yang diketahui bersama, setiap 14 Februari tentunya ditandai dengan adanya hari kasih sayang atau yang dikenal dengan Valentine. Di momen ini, setiap individu saling memaknai kasih sayang menurut versi mereka masing-masing. Lalu, saat ditanyakan makna kasih sayang pada hari Valentine, Abdee mengutarakan, “Saya lahir dan besar dikampung kota Donggala, kita tidak mempunyai kebiasaan seperti itu. Jadi saya biasa saja. Tapi kalau ditanya tentang pendapat, semua orang mempunyai cara untuk merayakan sesuatu, selama hal itu positif ya tidak apa-apa” ungkapnya.

Selain itu, perayaan hari kasih sayang biasanya tergantung orang itu membawa momennya seperti apa, ada yang menggunakan momen 14 Februari untuk rujuk dengan pacar atau rujuk dengan istrinya atau menjadi lebih kuat lagi itu kan hal yang baik, tapi ada juga yang menggunakan itu dengan drug atau party-party itu kan tidak baik. Jadi semua tergantung kita masing-masing. (anggi/indra)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

FOLLOW @ INSTAGRAM